15 Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Kadar lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun terbilang cukup tinggi. Namun minyak zaitun sendiri tetap tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia.

Sekalipun lemak yang terkandung dalam zaitun menyehatkan, Anda tetap harus membatasi dan mengontrol asupan lemak untuk tubuh anda. Pasalnya, kadar kalori per 100 gram-nya adalah 8,85 kilokalori. Gunakanlah zaitun secara baik dan benar agar anda bisa merasakan berjuta manfaat minyak zaitun. Berikut ini merupakan manfaat minyak zaitun yang sangat membantu untuk kesehatan tubuh anda.


1). Memelihara Kesehatan Jantung

Berdasarkan pembahasan sebelumnya bahwa lemak tidak jenuh merupakan salah satu kandungan dari minyak zaitun itu sendiri. Manfaat dari kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun salah satunya adalah baik untuk kesehatan jantung. Terutama dapat mengendalikan kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat mempertahankan kolestrol baik. Sehingga manfaat minyak zaitun salah satunya adalah dapat memelihara kesehatan jantung.


2). Mengurangi Angka Kematian

Menurut hasil studi yang telah dipublikasi pada majalah Lanst yang sudah cukup lama pada tanggal 20 Desember 1999 M, bahwa Albania yang terletak di Eropa dan terkenal dengan negara masyoritas berpenduduk muslim. Mereka memiliki salah satu keistimewaan yaitu sangat sedikit angka kematian. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, angka yang cukup fantastis. Usut punya usut ternyata hal itu dipengaruhi oleh penggunaan minyak zaitun dalam makanan oleh penduduk warga Albania.

3). Mengurangi Pemakaian Obat Penurun Hipertensi

Menurut hasil studi dari Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia, ia telah melakukan uji coba pada sekitar 32 pasien yang menderita penyakit hipertensi lalu mengkonsumsi minyak zaitun hasilnya tekanan darah penderita turun dalam kadar 7 poin

4). Mencegah Terjadinya Gejala Kanker

Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan antioksidan dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang di tubuh. Tidak heran jika manfaat minyak zaitun tentu bisa mencegah penyakit mematikan ini. Serta membantu menyembuhkan berbagai kanker dan bisa di jadikan sebagai obat tumor jinak tanpa operasi yang tumbuh di bagian tubuh mana saja.

5). Menurunkan Kolestrol Yang Tinggi

Manfaat minyak zaitun lainnya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Di dalam zaitun sendiri juga  terkandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghilangkan dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.


6). Minyak Zaitun Sama Seperti ASI

Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak ada di dalam ASI tergolong jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak yang paling baik dan memang yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah salah satu lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun.

7). Menyehatkan Usus

Didalam minyak zaitun ternyata juga terdapat senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini sangat mempunyai peran penting untuk kesehatan usus karena senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia atau biasa dikenal dengan penyakit kekurangan darah.

8). Menangkal Radikal Bebas

Manfaat minyak zaitun yang lain adalah dengan adanya kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat mengupayakan tubuh dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi tidak seimbang sehingga dapat dengan ampuh menangkal serangan radikal bebas.

9). Mengurangi Peradangan Sendi

Disinyalir dari Majalah AMJ CLIN NUTR yang terbit pada bulan November 1999 M, bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien penderita sakit persendian yang berada di negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit peradangan sendi yang mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek yang manjur dalam mengurangi sakit radang sendi ini.

10). Mengurangi Resiko Kanker Rahim

Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen.

11). Mengurangi Resiko Penyumbatan dan Penebalan Pembuluh Darah

ternyata nutrisi yang terkandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi sedikitnya pengaruh negatif lemak dari dalam makanan yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya pembekuan darah, dan terlebih lagi dapat mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung. Termasuk untuk menyembuhkan penyumbatan darah di belakang mata dan mengobati glaukoma yang khasiatnya lebih baik di banding obat glaukoma di apotik atau obat glaukoma lainnya.

12). Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag

Ternyata gizi yang ada di dalam minyak zaitun mampu memberikan efek positif untuk melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag. bahkan khasiatnya lebih baik di banding dengan obat maag kronis di apotik karena obat maag di apotik adalah kimia

13). Menghilangkan Penyakit Artritis

Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan dikonsumsi dalam campuran makanan atau dengan mengoleskan sedikit minyak pada otot atau sendi yang nyeri.


14). Mematikan Kutu Kepala

Penggunaan minyak zaitun untuk dijadikan minyak rambut yang terkena kutu, terbukti hanya dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

15). Menghilangkan Nyeri

Kandungan oleokantal yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang, hampir sama dengan penghilang rasa sakit yakni ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya. Selain menghilangkan nyeri manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa digunakan untuk obat lecet, luka bakar, luka sobek atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.

0 komentar

Posting Komentar